Minggu, 07 September 2014

Fungsi pohon


Produsen Rantai Makanan, Tumubuhan.
Tahukan anda bahwa proses hubungan dari timbal balik selalu ada dimana antar makhluk hidup saling ketergantungan dan membutuhkan termasuk pohon dan manusia.
Baik secara langsung atau tidak langsung, manusia dan hewan sangat membutuhkan tumbuhan sebagai produsen makanan. Oleh karena itu jika tumbuhan termasuk pohon juga terganggu keberadaanya tentu saja mengancam kepunahan makhluk hidup lain yaitu hewan dan manusia.
Penghasil Oksigen dan Pengikat Karbondioksida.
Anda sudah tahu mengapa Indonesia pernah dinobatkan sebagai paru-paru dunia yaitu karena hutan-hutan di Indonesia yang dipenuhi dengan pepohonan mampu menghasilkan oksigen yang cukup untuk seluruh dunia.
Pohon memang mampu menghasilkan oksigen dan juga mengikat karbondioksida. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pepohonan mampu membantu mengatasi global warming yang disebabkan karena karbondioksida yang jumlahnya semakin bertambah sehingga merusak lapisan ozon.
Jika jumlah pohon di dunia paling tidak seimbang dengan sumber polusi di dunia, maka kondisi lingkungan baru bias setara.
Namun karena kondisi lingkungan yang sudah memburuk, jumlah pepohonan harus melebihi sumber polusi di dunia agar pepohonan mampu mengikat karbondioksida di seluruh dunia yang sangat beracun. Bukan hanya itu, karbondioksida yang terikat oleh pepohonan akan diubah menjadi oksigen yang dimana sangat bermanfaat untuk manusia.
Menjaga kesuburan tanah.
Pohon juga bermanfaat untuk lingkungan, salah satunya adalah menjaga kesuburan tanah. Laju air hujan yang cepat dapat menggerus tanah sehingga lapisan tanah atas yang subur dan berhumus akan tergerus sehingga kesuburannya akan berkurang. Pohon dapat menahan laju air hujan sehingga kesuburan tanah dapat terjaga.
Menahan Laju Air, Mencegah Banjir.
Anda tahukan bahwa pohon dapat mencegah banjir dan erosi. Pohon dapat menahan laju air dan juga menyimpan dan menyerap air. Tanah memiliki kemampuan yang terbatas dalam menyerap air. Jika sudah meluap air yang tidak dapat terserap akan mengakibatkan banjir.
Namun jika terdapat pohon, akar-akar pohon akan menyerap air tersebut. Semakin banyak pohon, makan semakin banyak air yang dapat diserap. Oleh karena itu pohon tak hanya mampu mencegah banjir namun juga meningkatkan cadangan air tanah.
Kita harus mulai sadar pentingnya tumbuhan terutama pohon bagi kehidupan dan lingkungan. Jika kita menginginkan lingkungan yang nyaman, pohon mampu membantu menyediakan udara segar dan mengikat polusi-polusi zat pencemar udara. Mulai dari sekarang mulai dari yang kecil kita harus mulai menggalakkan pepohona
Lingkungan menjadi rindang.
Lingkungan yang rindang dan banyak ditumbuhipepohonan akan terasa lebih sejuk, nyaman, mencegah kebisingan dan kepasan, serta menambah indah pemandangan. Hal tersebut akibat proses evapotrenspirasi pada tanaman dapat menyebabkan suhu di sekitarnya menjadi lebih rendah dan kadar kelembapannya meningkat.
Mengurangi zat pencemar udara.
Kegiatan pabrik banyakmenghasilkan asap tebal yang pekat dan mengandung karbondioksida. Begitu pula, kegiatan pembakaran yang menggunakan bahan bakar minyak. Selain karbondioksida, asap tersebut mengandung sulfur dioksida dan asam sulfur. Zat-zat tersebut apabila bercampur dengan air hujan  akan menghasilkan hujan asam yang membahayakan kesehatan kulit serta menimbulkan korosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar